fbpx

Open Trip Karimunjawa Sewa Mobil di Semarang Rafting Serayu Wisata Jeep Merapi

Rawa Pening: Danau di Semarang yang Indah Legenda Menarik

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
rawa pening semarang
rawa pening semarang

Rawa Pening: Apa yang Sahabat Paradiso ketahui tentang wisata di Semarang? Mungkin yang terlintas di benak pikiran adalah Kota Lama, Lawang Sewu, Sam Poo Kong, dan lain sebagainya. Namun, tahukah Sahabat Paradiso kalau ada wisata alam di Semarang?, salah satunya adalah Danau di Semarang, yaitu Rawa Pening.

Wisata alam di Semarang tergolong cukup indah dan tak kalah menarik jika dibandingkan dengan beberapa tempat wisata di Semarang yang baru saja disebutkan. Bahkan, cukup banyak wisata alam yang termasuk ke dalam wisata Semarang. Di antaranya yaitu curug, hutan pinus, pantai, dan danau.

Ngomong-ngomong soal danau di Semarang, ada satu danau yang cukup terkenal. Yaitu Danau Rawa Pening.

Mengenal Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening merupakan salah satu danau besar dan terkenal di Jawa Tengah. Terletak di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, danau di Semarang yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit di Semarang.

Salah satu daya tarik yang cukup menarik kalau Sahabat Paradiso datang ke Danau Rawa Pening adalah keindahan alamnya yang menakjubkan. Tidak hanya danau dengan aliran air yang tenang serta hawa yang sejuk, Sahabat Paradiso juga bisa melihat keindahan sunset yang cukup menarik serta pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo yang terlihat jelas dari danau di Semarang ini.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Wisata Pantai di Semarang

Mitos Danau Rawa Pening

Seperti halnya beberapa destinasi alam di berbagai daerah di Indonesia, Danau Rawa Pening juga memiliki legendanya sendiri. Bahkan, legenda Danau Rawa Pening menjadi salah satu cerita yang cukup menarik.

Menurut legenda, dulu Danau Rawa Pening merupakan sebuah desa yang bernama Malwapati. Di desa tersebut, tinggal seorang anak laki-laki bernama Baru Klinting. Baru Klinting sering dihina oleh warga desa karena ia memiliki kulit yang bersisik seperti ikan, sehingga menimbulkan bau amis yang cukup menyengat.

Baca Juga  4 Daya Tarik Kota Lama Semarang, Wajib Dikunjungi!

Pada suatu hari, ada seorang janda yang menolong Baru Klinting. Ia diberikan makan dan minum oleh janda tersebut. Setelah itu, Baru Klinting berpesan kepada janda tersebut, “Kalau terjadi banjir, naiklah ke atas lesung.” Tak lama, Baru Klinting pergi meninggalkan rumah janda itu.

Beberapa hari kemudian, muncul sebatang lidi yang menancap di tengah desa. Tidak ada satupun yang dapat mencabut batang lidi itu, hanya Baru Klinting yang dapat mencabutnya. Setelah dicabut, keluar air yang deras dalam jumlah yang banyak hingga menimbulkan banjir bandang.

Baca Juga : Rekomendasi Destinasi Wisata Sejarah di Semarang

Kemudian, janda yang menolong Baru Klinting menaiki lesung yang ia miliki dan berhasil selamat dari banjir bandang. Banjir itu berubah menjadi danau luas dengan air yang bening, dan diberi nama Danau Rawa Pening, karena danau di Semarang ini berupa rawa rawa dengan airnya yang ‘pening’ (bening).

Biaya Masuk Kawasan Wisata Danau Rawa Pening

Untuk masuk ke dalam tempat wisata ini, Sahabat Paradiso perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000,00 saja, dengan tarif parkir roda 2 sebesar Rp 2.000,00 dan parkir roda 4 atau lebih sebesar Rp 5.000,00. Selain itu, Sahabat Paradiso bisa menyewa perahu dengan ongkos Rp 30.000,00 untuk menikmati keindahan air danau di Semarang yang satu ini.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Hubungi Kami

Inspirasi Lainnya

Rental & Sewa Mobil di Semarang

Jelajah keliling kota dengan mitra rental mobil tepercaya untuk mengantar Anda ke mana saja!
Filter Jenis Mobil (Radio)

Promo menarik untuk kamu 😎

Wisata Lainnya Sekitar Semarang! ✨

Dapatkan penawaran harga terbaik untuk paket liburan Anda di Semarang
Filter Kota (Radio)
Temukan Inspirasi Menarik Lainnya di Paradiso Tour!

Dapatkan harga terbaik untuk permintaan Paket Wisata, Transport maupun Hotels khusus untuk Anda, dengan cara menghubungi Paradiso Travel Assistant kami melalui Chat Whatsapp dengan cara klik tombol di bawah atau scan barcode di atas