fbpx

Open Trip Karimunjawa Sewa Mobil di Semarang Rafting Serayu Wisata Jeep Merapi

Konsumsi BBM HiAce, Irit Cocok Buat Usaha

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Bagi pebisnis yang cerdas, memilih kendaraan operasional bandel dan irit bahan bakar adalah suatu keharusan. Kabar baiknya, selain seat yang banyak dan lega, konsumsi BBM Hiace termasuk yang sangat irit. Tak heran mobil ini jadi pilihan utama untuk berbagai kebutuhan bisnis, seperti bisnis rental mobil, travel, dll.

Sekilas tentang Toyota HiAce

Pada dasarnya mobil satu ini termasuk mobil van, yang memiliki empat tipe dengan seat dan bagasi yang cukup lega. Tipe HiAce Standard dan Commuter berkapasitas 15 penumpang, sedangkan HiAce Premio memiliki kapasitas hingga 12 penumpang. Selain itu, ada juga tipe New HiAce Luxury Semarang berkapasitas 6-9 penumpang.

Tak hanya berkapasitas besar, mobil ini juga dilengkapi dengan mesin yang andal dengan kapasitas silinder 2,7 – 3,5 Liter untuk bensin dan 2,5 – 3 Liter untuk diesel. Belum lagi desain interior yang cukup gahar dan eksterior yang cukup eksklusif, pastinya dapat tingkatkan kredibilitas penggunanya.

Walaupun konsumsi BBM HiAce terbilang cukup hemat namun kendaraan ini punya daya maksimum hingga 160 HP (Horse Power atau Tenaga Kuda). Selain itu, Toyota HiAce juga memiliki radius putar 6,2 meter sehingga sangat cocok untuk perjalanan jauh antar kota.

Baca Juga : Sewa Hiace Semarang

Kendaraan ini juga menerapkan sistem dan fitur keamanan mutakhir, untuk memfasilitasi dan mengamankan pengguna saat menggunakan kendaraan ini. Toyota mendedikasikan diri menganalisis berbagai kemungkinan, untuk membuat produk terbaik dalam kendaraan can atau minibus!

Berapa Konsumsi BBM HiAce?

Salah satu pertimbangan penting dalam memilih kendaraan, terutama untuk keperluan usaha, adalah konsumsi bahan bakarnya. Untuk konsumsi bahan bakar HiAce tipe Commuter dan Luxury relatif sama, yaitu 11,11 L/100km. Standard, yakni 9 Liter/100km, sementara itu HiAce Premio juga hampir sama yakni 9,09 Liter/100km.

Baca Juga  Denah Seat Hiace, Pilihan Terbaik untuk Mobil MPV Besar

Jika Anda ingin yang lebih irit, maka Anda bisa pilih Toyota HiAce Standard atau Premio.  Untuk HiAce Standard memerlukan setidaknya 9 Liter, sedangkan Premio butuh 9,09 Liter untuk menempuh jarak 100 km.

konsumsi bbm hiace
konsumsi bbm hiace

Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi BBM HiAce

Konsumsi bahan bakar HiAce sebenarnya dapat terpengaruh oleh beberapa faktor. Seperti contohnya beberapa faktor berikut ini:

1. Jenis Mesin atau Tipe Mobil

Hal pertama yang akan mempengaruhi konsumsi BBM adalah jenis mesin dan tipe mobil yang Anda gunakan. Terutama untuk mesin bensin dan juga mesin diesel, yang akan berdampak pada konsumsi BBM. Mesin diesel cenderung lebih efisien dalam hal konsumsi BBM dibandingkan mesin bensin.

2. Cara Mengemudi

Faktor lain yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar HiAce adalah cara mengemudi. Gaya mengemudi yang agresif, seperti akselerasi dan pengereman yang tiba-tiba, dapat meningkatkan konsumsi BBM. Sebaliknya, mengemudi dengan stabil dan mengikuti batas kecepatan dapat membantu menghemat bahan bakar.

3. Beban Muatan Kendaraan

Faktor lain yang dapat mempengaruhi konsumsi BBM HiAce adalah beban muatan yang Anda angkut. Mengangkut beban berlebihan atau barang yang berat, tentunya dapat meningkatkan konsumsi BBM.  Hal ini bisa terjadi karena mesin harus bekerja lebih keras, sehingga pembakaran akan lebih intens

4. Kondisi Jalan yang Anda Lalui

Lalu lintas dan kondisi jalan juga mempengaruhi konsumsi BBM saat berkendara. Umumnya berkendara di jalan yang rata dan mulus, membutuhkan bahan bakar yang lebih stabil.

Beda lagi jika jalan menanjak, berlobang, atau bergelombang, pastinya butuh bahan bakar ekstra. Kemacetan lalu lintas juga dapat mempengaruhi konsumsi BBM, karena kendaraan sering kali harus berhenti dan mulai lagi. Kondisi stasioner pada kendaraan bermotor, selalu membakar BBM lebih besar daripada berjalan.

Baca Juga  Paket Outbound Semarang Murah pakai Jasa Outbound Semarang

5. Penggunaan Elektronik

Ternyata, penggunaan AC, radio, charger, GPS, dan perangkat elektronik lainnya di dalam mobil juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar HiAce Anda. Jadi, jika Anda ingin lebih irit BBM, sebaiknya matikan perangkat yang tidak digunakan dan hindari mengisi daya berlebihan perangkat di dalam mobil.

Misalnya, Anda bisa mengurangi penggunaan AC, Anda bisa menyiasatinya dengan membuka sedikit kaca mobil untuk sirkulasi udara yang lebih alami. Terlebih lagi jika udara di luar cukup sejuk seperti saat pagi atau malam hari, sebaiknya matikan AC dan biarkan udara alami masuk melalui jendela mobil.

6. Kualitas BBM

Jika Anda berpikir semua BBM memiliki kualitas yang sama, Anda salah besar. Selain oktan, banyak faktor lain yang mempengaruhi kualitas BBM. Bahkan beberapa pengguna lebih memilih BBM swasta (selain pertamina) yang terkenal memiliki kualitas BBM yang lebih baik dengan lebih sedikit kontaminan!

7. Pemeliharaan Kendaraan

Kendaraan HiAce yang teratur Anda rawat, pastinya akan lebih efisien dalam konsumsi BBM dan sistem performanya. Perawatan yang baik melibatkan penggantian filter udara, pembersihan tangki bahan bakar, pengecekan sistem pembakaran, sistem pendinginan, serta menjaga tekanan ban yang sesuai.

8. Faktor Cuaca

Banyak yang nggak sdar, faktor cuaca juga dapat memengaruhi konsumsi BBM HiAce. Mengemudi dalam kondisi cuaca ekstrem seperti hujan lebat atau salju, pastinya butuh lebih banyak energi. Sehingga konsumsi BBM juga akan meningkat!

9. Pengoperasian Gigi atau Transmisi

Kebiasaan pengguna dan treatment pergantian gigi (transmisi manual), sedikit banyak juga mempengaruhi konsumsi BBM. Hal ini biasanya berhubungan pada kemampuan berkendara, terlalu sering memainkan gas juga akan mempengaruhi penggunaan bahan bakar.

Baca Juga : Fitur Keselamatan HiAce, Solusi Mobilitas Aman dan Nyaman!

Tips Menghemat BBM

Sebagai pengguna maupun pebisnis, Anda perlu menetapkan SOP atau aturan pribadi, untuk menghemat konsumsi BBM Hiace. Seperti menjalankan beberapa tips praktis untuk hemat BBM ini:

Baca Juga  Sewa Bus Semarang Jakarta, Pilihan Terbaik Perjalanan Darat

1. Lakukan Pemeliharaan Berkala

Langkah paling penting sebelum berkendara adalah melakukan pemeriksaan rutin, untuk memastikan Anda berkendara dengan kendaraan yang prima. Anda juga perlu melakukan servis kendaraan secara rutin, sesuai dengan jadwal rekomendasi pabrik.

Sekedar mengganti oli rutin dan menguras air radiator akan membantu kendaraan lebih tahan lama. Gesekan pada mesin karena kekurangan oli dan air radiator, akan membuat mesin overheat dan membuat konsumsi BBM lebih besar. Bahkan berisiko menimbulkan kerusakan tahap lanjut jika Anda biarkan!

2 Berkendara dengan Bijak

Perdalam teknik mengemudi, untuk dapat lebih bijak saat berkendara. Hindari mengemudi dengan kecepatan tinggi atau sering mempercepat dan mengerem secara mendadak. Gunakan gigi yang tepat saat berkendara dan hindari menginjak pedal gas terlalu dalam.

3. Jangan Biarkan Taki Kosong

Hal paling penting yang paling sering orang lupakan adalah mengecek kondisi ketinggian bahan bakar. Padahal mesin yang mogok karena kehabisan bahan bakar, akan mempengaruhi konsumsi BBM HiAce jangka panjang!

4. Bijak dalam Membawa Beban

Walaupun HiAce termasuk mobil yang tangguh untuk operasional berat, namun jangan terlalu berlebihan. Bawalah kapasitas yang disarankan dan dihindari membawa beban terlalu berat.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Toyota HiAce merupakan segmen mobil yang sangat cocok digunakan sebagai kendaraan bisnis. Itu karena selain memiliki kapasitas besar dan nyaman, konsumsi BBM HiAce pun dinilai sangat irit di kelasnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Hubungi Kami

Inspirasi Lainnya

Rental & Sewa Mobil di Semarang

Jelajah keliling kota dengan mitra rental mobil tepercaya untuk mengantar Anda ke mana saja!
Filter Jenis Mobil (Radio)

Promo menarik untuk kamu 😎

Wisata Lainnya Sekitar Semarang! ✨

Dapatkan penawaran harga terbaik untuk paket liburan Anda di Semarang
Filter Kota (Radio)
Temukan Inspirasi Menarik Lainnya di Paradiso Tour!

Dapatkan harga terbaik untuk permintaan Paket Wisata, Transport maupun Hotels khusus untuk Anda, dengan cara menghubungi Paradiso Travel Assistant kami melalui Chat Whatsapp dengan cara klik tombol di bawah atau scan barcode di atas