Selain berkunjung ke desa sukarare yang ada di Lombok. Desa mana lagi yang bisa dikunjungi untuk berwisata? Maka bisa coba desa adat Sade yang berada di Lombok Tengah.

Ketika mulai bosan dengan arus modernisasi dan hiruk pikuknya Ibu Kota. Maka bisa coba dengan desa yang asri ini. Dengan masih menjunjung tinggi nilai adat istiadat yang berlaku disana. Kemudian, apa saja kegiatan yang bisa kamu ikuti dan lihat dari desa Sade ini?

Kegiatan Dan Keunikan Dari Desa Sade Di Lombok Tengah

Ini dia kegiatan yang unik untuk kamu lihat serta ikuti di desa Sade.

1. Membersihkan Lantai Dengan Kotoran Kerbau

Kamu bisa melihat kegiatan seperti membersihkan lantai dengan kotoran kerbau. Tentu saja hal ini bukan hal yang aneh ketika berkunjung di desa Sade. Kotoran kerbau memang mereka percaya dapat membersihkan lantai dari debu yang melekat.

Pertama kotoran kerbau dilumuri ke seluruh permukaan lantai, lalu didiamkan beberapa saat. Bahkan dengan menggunakan metode ini dipercaya serangga terutama nyamuk enggan untuk masuk ke dalam rumah.

2. Suku Asli 

Desa adat Sade masih menjadi tempat tinggal suku Sasak asli dari Lombok. Ada sekitar 700 jiwa yang mendiami desa ini. Untuk tetap melestarikan suku asli yang mendiami desa ini. Maka pernikahan dalam satu rumpun pun masih dilakukan.

rumaha adat sade
Bale Lumbung Lombok. Foto : arsitur.com

Hal ini dilakukan untuk tetap terjaganya suku asli dalam desa tersebut. Maka pernikahan serumpun pun dilakukan.

3. Keunikan Rumah

Rumah-rumah yang dibangun juga sangat menarik sekali. Ada berbagai tipe rumah yang dimiliki dari desa Sade ini. Yaitu ada Bale Bonter, Bale Kodong dan juga Bale Tani. Tiap jenis rumah ini memiliki fungsi yang berbeda.

Bale Bonter adalah rumah yang berfungsi sebagai tempat untuk para pejabat desa. Selain itu rumah ini berfungsi untuk melakukan persidangan adat.

Baca Juga :

Bale Kodong adalah rumah yang berfungsi sebagai tempat tinggal untuk para warga yang sudah jompo. Atau bisa juga digunakan untuk para pasangan suami istri yang baru menikah dan belum memiliki rumah.

Bale Tani ini adalah rumah yang digunakan untuk para warga dengan profesi petani. Jadi untuk para petani ditempatkan di Bale Tani.

Meski rumah yang ada di desa adat Sade ini memiliki desain yang sederhana. Namun ternyata tahan terhadap gempa. Usai adanya gempa yang pernah mengguncang desa Sade. Rumah-rumah di desa masih berdiri tegak dan tetap kokoh.

4. Tradisi Unik

Ada banyak tradisi unik yang dimiliki oleh desa Sade ini. Salah satunya adanya tradisi unik dalam perkawinan.

Saat seorang wanita akan menikah, maka harus diculik terlebih dahulu oleh pihak pria. Nantinya sebelum menculik, kedua pasangan tersebut harus bertemu terlebih dahulu. Tempat pertemuan mereka itu adalah di depan pohon cinta.

5. Kain Tenun

Para perempuan yang ada di desa Sade ini biasanya wajib bisa menenun. Jadi jangan heran apabila nanti saat berkunjung ke desa Sade kamu dihadapkan dengan banyaknya para inaq. Rata-rata mata pencaharian mereka dari kegiatan menenun kain tersebut.

Kamu juga bisa belajar bagaimana caranya menenun untuk dijadikan sebuah kain. Atau membeli kain tenun berbagai motif sebagai buah tangan untuk orang terkasih.

Dengan membeli kain tenun yang ada di desa. Kamu juga ikut membantu melestarikan budaya serta membantu perekonomian warga desa setempat.

Itulah tadi berbagai keunikan yang ada di Desa Adat Sade. Selalu berperilaku baik dan sopan ketika berada di desa orang.